Header Ads

  • Breaking News

    Tips Cara Mengecat Rumah Sendiri

    Mengecat rumah merupakan pekerjaan yang sedikit sulit dilakukan namun bukan berarti tidak bisa dilakukan sendiri oleh si empunya rumah. Sebenarnya ada tips dan trik jitu mengecat sendiri, selain lebih hemat biaya tukang namun juga memberi kepuasaan tersendiri dari hasil jerih payah sendiri. Dan berikut adalah tips cara mengecat rumah sendiri tanpa bantuan tukang :
      Siapkan perlengkapan antara lain cat, cat dasar, sparkling (dempul), cairan pengelupas cat, kape (scrapper ), cairan pemutih (bleach ), waterproofing , ampelas, sealant , masking tape (lakban), kuas,roller , tray (baki cat), dan extension pole .
      Lihat kondisi tembok/dinding yang hendak dicat. Jika tembok masih baru, tunggu sekitar 14 hari – 30 hari untuk memastikan tembok benar-benar kering. Tembok memang harus bebas dari kandungan air sebelum pengecatan. Pasalnya, air bersifat “mendesak keluar”, sehingga akan mendorong cat sehingga cat akan terkelupas. Jika ada retakan (retak rambut), gunakan sparkling atau dempul (plamir) untuk menutup retak.
      Untuk tembok lama, cek kondisinya. Berjamur, terkelupas, atau rusak? Cat lama, idealnya, harus dikelupas sebelum dicat. Pengelupasan bisa dilakukan dengan cairan khusus pengelupas cat. Sapu permukaan tembok dengan cairan pengelupas. Tunggu sebentar, setelah empuk, baru dikelupas dengan kape. Jika permukaan tembok masih terasa kasar/licin, haluskan dengan ampelas. Umumnya, ampelas yang digunakan adalah ampelas grade 100-200.
      Jangan lupa bersihkan tembok dari debu, jamur, lumut, atau kotoran. Bisa dengan cairan khusus (bleach ) atau cukup dengan air sabun. Tunggu sampai kering, baru dilakukan pengecatan. Jika tembok lembap, lakukan waterproofing . Jangan langsung dicat karena pasti cat akan terkelupas.
      Jika permukaan sudah bersih dan rata, lakukan pengecatan. Bisa dengan cat dasar lebih dulu atau pilih cat khusus yang bisa diaplikasikan tanpa cat dasar. Untuk merapikan celah antara kusen dan tembok gunakan sealant .
      Teknik mengecat dengan kuas sebaiknya tidak dengan cara menimpa (overlapping ) atau disambung. Cara ini malah membuat bagian sambungan lebih tebal dan warna pun jadi berbeda. Sebaiknya lakukan satu tarikan horizontal sekaligus. Sementara untuk pengecatan dengan roller , bisa dengan cara menarik garis “V”, kemudian menimpanya secara horizontal dan vertikal secara bergantian hingga seluruh area terisi.
      Khusus untuk pengecatan tembok outdoor , hindari mengecat dengan posisi dinding yang dicat menghadap sinar matahari, karena akan membuat cat cepat kering dan terkelupas. Sebaiknya lakukan pengecatan dengan posisi matahari ada di atas kepala atau di belakang dinding yang dicat. Hindari juga mengecat pada malam hari karena suhu yang dingin akan membuat cat lama kering, sehingga kotoran akan lebih cepat menempel.
        Nah, itulah sedikit tips cara mengecat rumah sendiri tanpa tukang. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

        No comments

        Post Top Ad

        Post Bottom Ad